Tuesday, May 10, 2016

Proposal Kewiraswastaan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Sejarah  Berdirinya Usaha
Mie merupakan produk makanan yang sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dunia perdagangan mengenal mie dalam berbagai macam produk, seperti mie basah, mie kering, mie soun dan mie bihun. Masing-masing jenis mie ini berbeda dalam bahan baku dan sistem pengolahannya. Mie basah dan mie kering terbuat dari bahan baku tepung terigu, yang membedakan antara keduanya adalah di akhir prosesnya, pada mie kering dilakukan tahap pengeringan produk sebelum dipasarkan, sedangkan mie basah tidak.
Meskipun kandungan gizi pada mie cukup lengkap, namun nilai kandungan gizi pada produk mie ini masih sangat rendah, terutama kandungan proteinnya. Karena bahan baku utamanya adalah tepung terigu, tepung tapioka atau tepung beras, maka kandungan nutrisi yang terbesar pada mie dan produk olahannya adalah karbohidrat. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki dengan menambahkan bahan makanan yang memiliki kandungan protein dan nilai gizi lainnya yang tinggi pada mie dan produk olahannya. 
Hampir semua orang suka  makan  mie. Selama ini mie yang dijual di pasaran cenderung kurang sehat karena kurang memiliki nilai gizi bahkan menggunakan pengawet buatan. Masyarakat, khususnya orang tua menjadi takut dan was-was apabila anaknya jajan mie sembarangan.Bermula dari hobi makan mie, hobi memasak dan hobi membaca buku-buku resep masakan, Saya  menemukan  ide  membuat  mie sehat  yang  terbuat  dari sayuran. Selain itu bangsa pasar konsumen mie yang cukup  banyak, juga menjadi nilai tambah bagi usaha ini.Mie dibuat sendiri dari campuran tepung terigu berprotein tinggi, tepung sagu,  telur,  sayur  bayam yang  berwarna  hijau dan wortel berwarna orange yang dihaluskan sebagai pewarna mie, oleh sebab itulah disebut mie rainbo.

1.2    Visi & Misi Usaha
-  Visi
·         Meningkatkan selera masyarakat dalam mengkonsumsi mie.
·         Menjadi sumber daya manusia yang bercita-cita tinggi.
- Misi
1.      Menyediakan makanan sehat dan enak untuk masyarakat.
2.      Selalu mengutamakan kualitas produk yang ditawarkan oleh Perusahaan.


BAB II
ASPEK PEMASARAN

2.1    Gambaran Umum Pasar ( STP )
  1. Segmentasi
Dalam proses pemasaran, kami mengambil beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mempromosikan mie rainboini. Langkah pertama, kami akan  promosi dengan  membawa sampel produk kepada teman-teman maupun orang-orang yang saya kenal. Dari mereka kami akan  mengevaluasi rasa, harga dan kepuasan mereka tentang produk ini. Setelah itu dengan sendirinya, kami akan mengadakan perluasan tempat/kedai, menambah tenaga kerja, perluasan pemasaran, dan mencoba lebih inovatif dengan membuat mie dari beragam sayuran lain yang juga memiliki warna yang menarik untuk dipandang mata.
  1. Targetting
Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen,Kedai Mie rainbow akan menyelenggarakan pemasaran internal  untuk  meningkatkan kepuasan konsumen.
  1. Positioning
Agar dapat  menarik  perhatian calon  pelanggannya, Mie rainbow  merancang sebuah strategi positioning yang atraktif. Statemen positioning yang bisa digunakan misalnya : “Warnai Hari mu dengan Mie rainbow, Mie enak, cantik dan sehat.”
-  Permintaan
·         Permintaan dari pelanggan.
Tahun
Perkiraan Permintaan
( dalam mangkok/tahun )
2014
70.000.000 mangkok/tahun
2015
80.000.000 mangkok/tahun

-   Penawaran
·         Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan
Pesaing
Kapasitas Produksi / Tahun
( dalam mangkok)
Mie Biasa
90.000.000 mangkok/tahun


·         Proyeksi penawaran dalam beberapa periode / tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi.
Tahun
Perkiraan Penawaran
( dalam mangkok )
2014
80.000.000 mangkok/tahun
2015
90.000.000 mangkok/tahun

2.2    Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran.
Pangsa Pasar adalah  bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri.

Tahun
Permintaan
(A)
Penawaran
(B)
Peluang
(C = B-A)
Rencana
Penjualan
Pangsa Pasar
(E = DX100% / C)
2014
70.000.000 mangkok/tahun
80.000.000 mangkok/tahun
1.000.000 mangkok
900.000
900.000/1.000.000*100% =0,9
2015
80.000.000 mangkok/tahun
90.000.000 mangkok/tahun
1.000.000 mangkok
900.000
900.000/1.000.000*100% =0,9

2.3    Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
2.3.1. Product
Produk yang ditawarkan mie rainbow yaitu prduk yang berkualitas, pewarnanya pun terbuat dari buah-buahan yang alami. Penyediaan bahan baku dan pembantu akan didapatkan dari pedagang-pedagang di pasar tradisional dikarenakan harganya relatif lebih murah dari pada di toko buah-buahan ataupun supermarket. Mie rainbow akan menjadi makanan terbaru di kota Peureulak.
 
2.3.2. Price
Penetapan harga mie rainbow :
No
Jenis Keripik
Kemasan
Harga
1.
Mie rainbow

1 mangkok

Rp. 12.000


2.3.3. Promotion
Strategi promosi yang dilakukan perusahaan mie rainbow adalah sebagai berikut:
1.      Advertising yang dilakukan perusahaan mie rainbow menggunaan internet dan media-media sosialnya sangat meluas di masyarakat remaja dan dewasa sehingga memudahkan dalam mempromosikannya.
2.      Sales Promotion perusahaan mie rainbow dengan melakukan promosi penjualan dengan memberikan diskon tiap pelanggan yang membeli mie rainbow yang lebih dari 10 mangkok,maka akan mendapatkan gratis 1 mangkok mie rainbow.
3.      Personal selling perusahaan mie rainbow mempromosi dengan cara member layanan yang terbaik kepada pelanggan,serta memberi ciri khas tertentu pada cita rasa Mie rainbow tersebut.
4.      Public relation perusahaan mie rainbow memberi image yang baik kepada pelanggan mie rainbow dengan cara setiap penghasilan dari mie rainbow pertahun selalu disisihkan untuk panti-panti yang membutuhkan.

2.3.4. Placement
Perusahaan Mie Rainbow mendistribusikan kepada konsumen Kota Peureulak  melalui 2 cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.
1.      Secara Langsung, yaitu dengan cara pelanggan langsung merasakan mie rainbow yang tersedia di perusahaan.
2.      Secara Tidak Langsung, perusahaan mie rainbow di promosikan melalui mulut ke mulut,dan juga melalui media sosial.
2.3.5     People
Perusahaan mie rainbow selalu memberi yang terbaik buat pelanggan supaya pelanggan merasa puas dengan apa yang berikan dan fasilitas pun nyaman bagi pelanggan.
2.3.6     Process
Mie yang di hidangkan sangat unit untuk dilihan dan rasanya pun merupakan ciri khas tertentu, karena pearna yang di gunakan merupakan pearna alami yang terbuat dri buah-buahan.
2.3.6    Physical Evidence
Fasilitas yang kami sediakan sangatlah sesuai dengan nuansa yang berdasarkan usaha yang kami buat, yaitu mie rainbo, yang arti penuh dengan warna.



BAB III
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

3.1  Aspek Organisasi
·            Nama Perusahaan / Usaha    : Usaha Mie Sehat  Rainbow
·            Nama Pemilik / Pimpinan    Nur’afni
·            Alamat kantor dan tempat usaha : Jln.rumah sakit umum lr.paya meuligoe Peureulak.
·            Jabatan, Jumlah staf, Uraian Tugas, dan Penggajian

Jabatan

Uraian Tugas
(A)
Jumlah
(B)
Gaji / Bulan
(C)
Total
(BxC)
Pimpinan
mengatur
1
6,000.000
6,000.000
1. Direksi
pengelola
2
4,000.000
8,000.000
Staf




1. Bag. Produksi
Memproduksi
6
3,000.000
18,000.000
2. Bag. Keuangan
Mengatur Keuangan
1
3,000.000
6,000.000
Total Gaji / Bulan
38,000.000

3.2    Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
         Kegiatan sebelum usaha dimulai disertai dengan jadwal pelaksanaan yang diatur berdasarkan periode tertentu ( mingguan atau bulanan ).
KEGIATAN
JADWAL PELAKSANAAN
( Dalam Mingguan )
1
2
3
4
1. Survey Pasar
1
1
1
2
2. Menyusun Rencana Usaha
2
2
2
2
3. Survai tempat usaha
2
2
2
2
4. Survai Mesin / Peralatan
3
3
3
3
5. Pemasangan Sarana Penunjang
1
1
1
1
6. Operasional
3
3
3
3


3.3    Inventaris Kantor dan Supply Kantor
         Inventaris kantor untuk barang yang umur produknya lebih dari 1 tahun.
Inventaris / Perangkat Kerja
Merk
Jumlah unit
Harga
Jumlah harga
  Alat penggiling mie
-
2
200.000
400.000
Total Inventaris Kantor
400.000

Supply Kantor merupakan biaya untuk menunjang kegiatan administrasi seperti ATK Alat Tulis Kantor ( umur ekonomis 1 tahun atau kurang )

Jenis Biaya Supply Kantor
Total Biaya per Tahun
Buku,polpen
5,000.000
Total Supply Kantor
5,000.000


BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1. Produk
Perencanaan yang perlu dilakukan menyangkut produk (output), terutama pada usaha manufaktur dan industri pengolahan adalah:
A.      Dimensi Produk
Strategi mengenai bagaimana produk usaha dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk yang memiliki kualitas terbaik dengan kadar gizi yang tinggi dan menyehatkan dan sekaligus berkhasiat.
B.       Nilai/Manfaat Produk
Mie rainbow yang kami tawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen yang merupakan manfaat inti dari perusahaan kami. Mie yang  diolah memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Mie rainbow juga memiliki Potential Benefit (manfaat potensial) seperti menjaga lingkungan dan memperdulikan kesehatan pelanggan.
C.       Kegunaan/Fungsi Produk
Produk konsumsi, mie rainbow merupakan produk yang dapat dinikmati dengan berbagai pilihan warna mie. Selain itu kandungan gizi mie rainbow yang diproses dengan alat yang bagus serta menyehatkan.
4.2.      Proses Produksi
1.      Campur tepung terigu, tepung sagu, telur, dan garam. Aduk rata. Bagi 3 adonan.
2.      Satu bagian tambahkan air es. Aduk sampai bergumpal. Satu bagian tambahkan air bayam. Aduk sampai bergumpal. Sisanya tambahkan air wortel. Aduk sampai bergumpal. Diamkan 15 menit.
3.      Giling tipis di gilingan mi, mulailah dari gilingan terbesar (No.1). giling 2 –3 kali hingga licin. Kecilkan ukuran gilingan (no 2). Giling lagi 2 –3 kali. Begitu seterusnya sampai gilingan No.8 sambil ditabur bahan taburan.
4.      Setelah licin, potong dengan gilingan mi.
5.      Rebus mi dalam air mendidih yang ditambahkan minyak goreng. Angkat dan tiriskan.
6.      Minyak ayam, panaskan kulit ayam dengan api kecil hingga mengeluarkan minyak. Sisihkan.
7.      Kuah: rebus tulang ayam dan air dengan api kecil sampai mendidih. Angkat dan saring. Didihkan lagi.
8.      Masukkan bawang putih, jahe, kaldu ayam, garam, dan merica bubuk. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
9.      Tumisan: panaskan minyak. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
10.  Masukkan kecap asin, kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
11.  Siapkan mangkuk mi. Masukkan mi. Tambahkan minyak ayam dan merica bubuk. Aduk rata.
12.  Sajikan mi dengan pelengkap, tumisan ayam, dan kuahnya.
4.3.   Kapasitas Produksi
            Perencanaan kapasitas produksi dilakukan untuk semua mesin, peralatan, dan faktor produksi lainnya sesuai dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan.
Tahun
Rencana produksi (dalam mangkok)
2014
90.000.000 mangkok/tahun
2015
95.000.000 mangkok/tahun

4.4.     Tanah dan Bangunan
Dalam menjalankan kegiatan usaha mie rainbow kami masih menggunakan rumah sebagai tempat berjualan kami, Lokasinya pun snagat terjangkau yaitu berada di Jalan rumah sakit umum lr.paya meuligo Peureulak. Jadi kami tidak terlalu memikirkan uang sewa took buat pertahunnya.
5.5.     Pemasangan Sarana Penunjang
Jenis Biaya
Jumlah Biaya
1.      Pemasangan instalasi listrik
200 / bulan
2.      Pemasangan instalasi air (PAM)
50 / bulan
3.      Pemasangan instalasi telepon
75 / bulan
4.      Pemasangan instalasi internet
150 / bulan
Total Biaya Pemasangan Sarana Penunjang :
475  / bulan

4.6.      Mesin dan Peralatan

Nama Mesin/Peralatan
Merk
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
1.      Alat penggiling mie
-
2
200.000
400.000
2.      panci
-
5
50.000
250.000
3.      wajan
-
5
40.000
200.000
4.    gunting
ss         stelis
5
8.000
40,000
5.      Pisau
kiwi
2
16.000
32.000
Total Pembelian Mesin/Peralatan
922.000

4.7.     Bahan Baku dan Bahan Pembantu
Bahan baku yang digunakan dalam membuat  mie pelangi adalah sayuran yang segar dan bervitamin tinggi, serta tepung yang berprotein  tinggi. Bahan  baku berupa sayuran  dan buah-buahan ini merupakan  produk  pilihan agar menghasilkan suatu kepuasan pelanggan.

4.8     Biaya Umum Usaha/Pabrik
Sebagai komponen biaya modal kerja yang terakhir, perlu juga diren-canakan biaya-biaya penunjang (sarana dan prasarana), misalnya seba-gai berikut:
Nama Bahan Baku
Merk
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
1.      Tabung Gas
LPJ
4
100,000
400,000
2.      Kompor Gas
Rinai
4
300,000
1,200.000
Total Pembelian  Bahan Baku
1,600.000

Jenis Biaya Umum Usaha/Pabrik
Jumlah Biaya/Tahun
1.          Pemeliharaan mesin dan peralatan
30,000.000
2.          Suku cadang, bahan bakar
40,000.000
3.          Rekening listrik, air, telepon.
30,000.000
4.          Pemeliharaan bangunan
20,000.000
Total Biaya Umum Usaha/Pabrik per tahun:
120,000.000




1 comments:

  1. How to find the good casinos in Vegas, NV?
    The only 진주 출장샵 place I can recommend is in the casino. 계룡 출장샵 There's no better casino 강원도 출장샵 than 전주 출장마사지 the casino with the best selection. The excitement and excitement 창원 출장샵 of

    ReplyDelete