BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Sejarah Berdirinya Usaha
Mie merupakan produk makanan yang sangat
populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dunia perdagangan
mengenal mie dalam berbagai macam produk, seperti mie basah, mie kering, mie
soun dan mie bihun. Masing-masing jenis mie ini berbeda dalam bahan baku dan
sistem pengolahannya. Mie basah dan mie kering terbuat dari bahan baku tepung
terigu, yang membedakan antara keduanya adalah di akhir prosesnya, pada mie
kering dilakukan tahap pengeringan produk sebelum dipasarkan, sedangkan mie
basah tidak.
Meskipun kandungan gizi pada mie cukup lengkap,
namun nilai kandungan gizi pada produk mie ini masih sangat rendah, terutama
kandungan proteinnya. Karena bahan baku utamanya adalah tepung terigu, tepung
tapioka atau tepung beras, maka kandungan nutrisi yang terbesar pada mie dan
produk olahannya adalah karbohidrat. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki
dengan menambahkan bahan makanan yang memiliki kandungan protein dan nilai gizi
lainnya yang tinggi pada mie dan produk olahannya.
Hampir semua orang suka makan
mie. Selama ini mie yang dijual di pasaran cenderung kurang sehat karena
kurang memiliki nilai gizi bahkan menggunakan pengawet buatan. Masyarakat,
khususnya orang tua menjadi takut dan was-was apabila anaknya jajan mie
sembarangan.Bermula dari hobi makan mie, hobi memasak dan hobi membaca
buku-buku resep masakan, Saya
menemukan ide membuat
mie sehat yang terbuat
dari sayuran. Selain itu bangsa pasar konsumen mie yang cukup banyak, juga menjadi nilai tambah bagi usaha
ini.Mie dibuat sendiri dari campuran tepung terigu berprotein tinggi, tepung
sagu, telur, sayur bayam
yang berwarna hijau dan wortel berwarna orange yang
dihaluskan sebagai pewarna mie, oleh sebab itulah disebut mie rainbo.
1.2 Visi &
Misi Usaha
- Visi
·
Meningkatkan selera masyarakat dalam
mengkonsumsi mie.
·
Menjadi
sumber daya manusia yang bercita-cita tinggi.
- Misi
1.
Menyediakan makanan sehat dan enak untuk
masyarakat.
2.
Selalu mengutamakan kualitas produk yang
ditawarkan oleh Perusahaan.
BAB II
ASPEK PEMASARAN
2.1
Gambaran Umum Pasar ( STP
)
- Segmentasi
Dalam proses pemasaran,
kami mengambil beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mempromosikan mie
rainboini. Langkah pertama, kami akan promosi dengan membawa sampel produk kepada teman-teman
maupun orang-orang yang saya kenal. Dari mereka kami akan mengevaluasi rasa, harga dan kepuasan mereka
tentang produk ini. Setelah itu dengan sendirinya, kami akan mengadakan
perluasan tempat/kedai, menambah tenaga kerja, perluasan pemasaran, dan mencoba
lebih inovatif dengan membuat mie dari beragam sayuran lain yang juga memiliki
warna yang menarik untuk dipandang mata.
- Targetting
Untuk meningkatkan
kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen,Kedai Mie rainbow akan
menyelenggarakan pemasaran internal
untuk meningkatkan kepuasan
konsumen.
- Positioning
Agar dapat menarik
perhatian calon pelanggannya, Mie
rainbow merancang sebuah strategi
positioning yang atraktif. Statemen positioning yang bisa digunakan misalnya : “Warnai
Hari mu dengan Mie rainbow, Mie enak,
cantik dan sehat.”
- Permintaan
·
Permintaan dari pelanggan.
Tahun
|
Perkiraan Permintaan
( dalam mangkok/tahun )
|
2014
|
70.000.000
mangkok/tahun
|
2015
|
80.000.000
mangkok/tahun
|
- Penawaran
·
Penawaran dari produk
pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan
Pesaing
|
Kapasitas Produksi / Tahun
( dalam mangkok)
|
Mie
Biasa
|
90.000.000
mangkok/tahun
|
·
Proyeksi penawaran dalam
beberapa periode / tahun mendatang. Proyeksi penawaran
disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan
ekonomi.
Tahun
|
Perkiraan Penawaran
( dalam mangkok )
|
2014
|
80.000.000
mangkok/tahun
|
2015
|
90.000.000
mangkok/tahun
|
2.2
Rencana Penjualan dan
Pangsa Pasar
Rencana Penjualan adalah
rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi
permintaan dan penawaran.
Pangsa Pasar adalah
bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total
produk sejenis dalam industri.
Tahun
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang
(C = B-A)
|
Rencana
Penjualan
|
Pangsa Pasar
(E = DX100% / C)
|
2014
|
70.000.000
mangkok/tahun
|
80.000.000
mangkok/tahun
|
1.000.000
mangkok
|
900.000
|
900.000/1.000.000*100% =0,9
|
2015
|
80.000.000
mangkok/tahun
|
90.000.000
mangkok/tahun
|
1.000.000 mangkok
|
900.000
|
900.000/1.000.000*100% =0,9
|
2.3
Strategi Pemasaran
Perusahaan dan Pesaing
2.3.1. Product
Produk yang ditawarkan mie rainbow yaitu prduk yang
berkualitas, pewarnanya pun terbuat dari buah-buahan yang alami. Penyediaan
bahan baku dan pembantu akan didapatkan dari pedagang-pedagang di pasar
tradisional dikarenakan harganya relatif lebih murah dari pada di toko
buah-buahan ataupun supermarket. Mie rainbow akan menjadi makanan terbaru di
kota Peureulak.
2.3.2. Price
Penetapan harga mie rainbow :
No
|
Jenis
Keripik
|
Kemasan
|
Harga
|
1.
|
Mie
rainbow
|
1
mangkok
|
Rp. 12.000
|
2.3.3. Promotion
Strategi
promosi yang dilakukan perusahaan mie rainbow adalah sebagai berikut:
1.
Advertising yang dilakukan perusahaan mie
rainbow menggunaan internet dan media-media sosialnya sangat meluas di
masyarakat remaja dan dewasa sehingga memudahkan dalam mempromosikannya.
2.
Sales Promotion perusahaan
mie rainbow dengan melakukan promosi penjualan dengan memberikan diskon
tiap pelanggan yang membeli mie rainbow yang lebih dari 10 mangkok,maka akan
mendapatkan gratis 1 mangkok mie rainbow.
3.
Personal selling perusahaan
mie rainbow mempromosi dengan cara member layanan yang terbaik kepada
pelanggan,serta memberi ciri khas tertentu pada cita rasa Mie rainbow tersebut.
4.
Public relation perusahaan
mie rainbow memberi image yang baik kepada pelanggan mie rainbow dengan cara
setiap penghasilan dari mie rainbow pertahun selalu disisihkan untuk
panti-panti yang membutuhkan.
2.3.4. Placement
Perusahaan
Mie Rainbow mendistribusikan kepada konsumen Kota Peureulak melalui 2 cara, yaitu secara langsung dan
tidak langsung.
1.
Secara Langsung, yaitu dengan cara pelanggan
langsung merasakan mie rainbow yang tersedia di perusahaan.
2.
Secara Tidak Langsung, perusahaan mie rainbow
di promosikan melalui mulut ke mulut,dan juga melalui media sosial.
2.3.5 People
Perusahaan mie rainbow selalu memberi yang terbaik buat
pelanggan supaya pelanggan merasa puas dengan apa yang berikan dan fasilitas
pun nyaman bagi pelanggan.
2.3.6 Process
Mie yang di hidangkan
sangat unit untuk dilihan dan rasanya pun merupakan ciri khas tertentu, karena
pearna yang di gunakan merupakan pearna alami yang terbuat dri buah-buahan.
2.3.6 Physical Evidence
Fasilitas yang kami sediakan sangatlah sesuai dengan nuansa
yang berdasarkan usaha yang kami buat, yaitu mie rainbo, yang arti penuh dengan
warna.
BAB III
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
3.1
Aspek Organisasi
·
Nama Perusahaan /
Usaha : Usaha Mie Sehat Rainbow
·
Nama Pemilik /
Pimpinan : Nur’afni
·
Alamat kantor dan tempat
usaha : Jln.rumah sakit umum
lr.paya meuligoe Peureulak.
·
Jabatan, Jumlah staf,
Uraian Tugas, dan Penggajian
Jabatan
|
Uraian Tugas
(A)
|
Jumlah
(B)
|
Gaji / Bulan
(C)
|
Total
(BxC)
|
Pimpinan
|
mengatur
|
1
|
6,000.000
|
6,000.000
|
1. Direksi
|
pengelola
|
2
|
4,000.000
|
8,000.000
|
Staf
|
||||
1. Bag. Produksi
|
Memproduksi
|
6
|
3,000.000
|
18,000.000
|
2. Bag. Keuangan
|
Mengatur Keuangan
|
1
|
3,000.000
|
6,000.000
|
Total Gaji / Bulan
|
38,000.000
|
3.2 Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Kegiatan sebelum
usaha dimulai disertai dengan jadwal pelaksanaan yang diatur berdasarkan
periode tertentu ( mingguan atau bulanan ).
KEGIATAN
|
JADWAL PELAKSANAAN
( Dalam Mingguan )
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Survey Pasar
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2. Menyusun Rencana Usaha
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Survai tempat usaha
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4. Survai Mesin / Peralatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5. Pemasangan Sarana Penunjang
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6. Operasional
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3.3 Inventaris Kantor dan Supply Kantor
Inventaris kantor untuk barang yang umur produknya lebih
dari 1 tahun.
Inventaris / Perangkat Kerja
|
Merk
|
Jumlah unit
|
Harga
|
Jumlah harga
|
Alat penggiling mie
|
-
|
2
|
200.000
|
400.000
|
Total Inventaris Kantor
|
400.000
|
Supply Kantor merupakan biaya untuk menunjang kegiatan
administrasi seperti ATK Alat Tulis Kantor ( umur ekonomis 1 tahun atau kurang
)
Jenis Biaya Supply Kantor
|
Total Biaya per Tahun
|
Buku,polpen
|
5,000.000
|
Total Supply Kantor
|
5,000.000
|
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1. Produk
Perencanaan
yang perlu dilakukan menyangkut produk (output), terutama pada usaha manufaktur
dan industri pengolahan adalah:
A.
Dimensi Produk
Strategi mengenai bagaimana produk usaha dapat menarik hati
konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk yang
memiliki kualitas terbaik dengan kadar gizi yang tinggi dan menyehatkan dan
sekaligus berkhasiat.
B.
Nilai/Manfaat Produk
Mie rainbow yang kami tawarkan memiliki
manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen yang merupakan manfaat inti dari perusahaan kami. Mie yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang
bermanfaat. Mie rainbow juga memiliki Potential Benefit (manfaat potensial)
seperti menjaga lingkungan dan memperdulikan kesehatan pelanggan.
C.
Kegunaan/Fungsi Produk
Produk konsumsi, mie rainbow merupakan produk yang dapat
dinikmati dengan berbagai pilihan warna mie. Selain itu kandungan gizi mie
rainbow yang diproses dengan alat yang bagus serta menyehatkan.
4.2. Proses Produksi
1.
Campur tepung terigu, tepung sagu, telur, dan
garam. Aduk rata. Bagi 3 adonan.
2.
Satu bagian tambahkan air es. Aduk sampai
bergumpal. Satu bagian tambahkan air bayam. Aduk sampai bergumpal. Sisanya
tambahkan air wortel. Aduk sampai bergumpal. Diamkan 15 menit.
3.
Giling tipis di gilingan mi, mulailah dari
gilingan terbesar (No.1). giling 2 –3 kali hingga licin. Kecilkan ukuran
gilingan (no 2). Giling lagi 2 –3 kali. Begitu seterusnya sampai gilingan No.8
sambil ditabur bahan taburan.
4.
Setelah licin, potong dengan gilingan mi.
5.
Rebus mi dalam air mendidih yang ditambahkan
minyak goreng. Angkat dan tiriskan.
6.
Minyak ayam, panaskan kulit ayam dengan api
kecil hingga mengeluarkan minyak. Sisihkan.
7.
Kuah: rebus tulang ayam dan air dengan api
kecil sampai mendidih. Angkat dan saring. Didihkan lagi.
8.
Masukkan bawang putih, jahe, kaldu ayam, garam,
dan merica bubuk. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
9.
Tumisan: panaskan minyak. Tumis bawang putih
dan jahe sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
10.
Masukkan kecap asin, kecap manis, garam, merica
bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai meresap. Tambahkan
daun bawang. Aduk rata.
11.
Siapkan mangkuk mi. Masukkan mi. Tambahkan
minyak ayam dan merica bubuk. Aduk rata.
12.
Sajikan mi dengan pelengkap, tumisan ayam, dan
kuahnya.
4.3. Kapasitas
Produksi
Perencanaan kapasitas produksi
dilakukan untuk semua mesin, peralatan, dan faktor produksi lainnya sesuai
dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan.
Tahun
|
Rencana produksi (dalam mangkok)
|
2014
|
90.000.000
mangkok/tahun
|
2015
|
95.000.000
mangkok/tahun
|
4.4. Tanah dan
Bangunan
Dalam menjalankan kegiatan usaha mie rainbow kami masih
menggunakan rumah sebagai tempat berjualan kami, Lokasinya pun snagat
terjangkau yaitu berada di Jalan rumah sakit umum lr.paya meuligo Peureulak. Jadi
kami tidak terlalu memikirkan uang sewa took buat pertahunnya.
5.5. Pemasangan
Sarana Penunjang
Jenis Biaya
|
Jumlah Biaya
|
1.
Pemasangan instalasi
listrik
|
200 / bulan
|
2.
Pemasangan instalasi air
(PAM)
|
50 / bulan
|
3.
Pemasangan instalasi
telepon
|
75 / bulan
|
4.
Pemasangan instalasi
internet
|
150 / bulan
|
Total Biaya Pemasangan Sarana Penunjang :
|
475 / bulan
|
4.6. Mesin dan
Peralatan
Nama Mesin/Peralatan
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
1.
Alat penggiling mie
|
-
|
2
|
200.000
|
400.000
|
2.
panci
|
-
|
5
|
50.000
|
250.000
|
3.
wajan
|
-
|
5
|
40.000
|
200.000
|
4. gunting
|
ss stelis
|
5
|
8.000
|
40,000
|
5. Pisau
|
kiwi
|
2
|
16.000
|
32.000
|
Total Pembelian Mesin/Peralatan
|
922.000
|
4.7. Bahan Baku dan Bahan Pembantu
Bahan baku yang digunakan dalam membuat mie pelangi adalah sayuran yang segar dan
bervitamin tinggi, serta tepung yang berprotein
tinggi. Bahan baku berupa
sayuran dan buah-buahan ini merupakan produk
pilihan agar menghasilkan suatu kepuasan pelanggan.
4.8 Biaya Umum
Usaha/Pabrik
Sebagai
komponen biaya modal kerja yang terakhir, perlu juga diren-canakan biaya-biaya
penunjang (sarana dan prasarana), misalnya seba-gai berikut:
Nama Bahan Baku
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
1.
Tabung Gas
|
LPJ
|
4
|
100,000
|
400,000
|
2.
Kompor Gas
|
Rinai
|
4
|
300,000
|
1,200.000
|
Total Pembelian Bahan Baku
|
1,600.000
|
Jenis Biaya Umum Usaha/Pabrik
|
Jumlah Biaya/Tahun
|
1.
Pemeliharaan mesin dan
peralatan
|
30,000.000
|
2.
Suku cadang, bahan bakar
|
40,000.000
|
3.
Rekening listrik, air,
telepon.
|
30,000.000
|
4.
Pemeliharaan bangunan
|
20,000.000
|
Total Biaya Umum Usaha/Pabrik per tahun:
|
120,000.000
|
How to find the good casinos in Vegas, NV?
ReplyDeleteThe only 진주 출장샵 place I can recommend is in the casino. 계룡 출장샵 There's no better casino 강원도 출장샵 than 전주 출장마사지 the casino with the best selection. The excitement and excitement 창원 출장샵 of