Saturday, August 6, 2016

Proposal Usaha Kerupuk Ikan Tongkol Renyah



BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Sejarah  Berdirinya Usaha
Tongkol  adalah  ikan  yang  tergolong  istimewa  di  antara  berbagai  macam  ikan. Harganya  memang  mahal, namun  rasanya  terbilang  lumayan. Jika  kita  mau  mencoba  menyajikan  ikan  tongkol  di meja  makan  konsumen  dengan  bentuk  yang  berbeda, mungkin akan  terasa  istimewa. Ikan  tongkol  dalam  bentuk  kerupuk  bisa  kita  terapkan di  sini. Hal  ini  merupakan  peluang  baru  untuk  mendobrak  pasar.
Persoalan  utama  yang  muncul  setelahnya, masalah  cita  rasa. Selagi  rasa  khas  masih  ada  pada  kerupuk  tersebut, kerupuk  tongkol  akan  mudah  diterima  pasar, sebab  nama  dari  ikan  tongkol  sendiri  akan  mempengaruhi  pikiran  konsumen  untuk  merasakannya. Akan  tetapi, jika  rasa  yang  dihasilkan  oleh  kerupuk  tidak  bisa  menjajarkan  dengan  namanya, maka  produksi  kerupuk  tongkol  hanya  akan  berlaku  satu kali. Sungguh, persoalan  cita  rasa  harus  kita  utamakan  dalam  produk  ini.
1.2       Visi & Misi Usaha
1.2.1 Visi

  • Menjadi sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing di era globalisasi.
  • Menjadi sumber daya manusia yang bercita-cita tinggi.
  • Menjadi insan yang berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab.

1.2.2 Misi

  • Menumbuhkan semangat berwirausaha.
  • Membuka lapangan pekerjaan baru.
  • Memberikan peluang pekerjaan baru bagi generasi muda khususnya dan masyarakat pada umumnya.


BAB II
ASPEK PEMASARAN

2.1  Gambaran Umum Pasar ( STP )
  1. Segmentasi
Segmentation adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen berdasarkan potensial penawaran produk. Pemilahan ini terbagi atas tiga segmen yaitu bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, dan gaya hidup.
  1. Targetting
Target utama pemasaran adalah pasar-pasar.yang banyak pengunjung.
  1. Positioning
Pandangan konsumen maupun pelanggan ketika melihat kerupuk ikan tongkol yaitu memandang sebagai sebuah mkanan  sehat, unik dan banyak manfaat.
-->Permintaan
·         Permintaan dari pelanggan.
Tahun
Perkiraan Permintaan
( dalam gram )
2013
3.471.204 gram
2014
3.771.304 gram
2015
4.871.304 gram

--> Penawaran
·         Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan
Pesaing
Kapasitas Produksi / Tahun
( dalam gram)
Keripik Ikan tongkol
9.509.600 gram.

·         Proyeksi penawaran dalam beberapa periode / tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi.


Tahun
Perkiraan Penawaran
( dalam gram )
2013
2.471.204 gram
2014
2.771.304 gram
2015
3.871.304am

2.2  Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran.
Pangsa Pasar adalah  bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri.

Tahun
Permintaan
(A)
Penawaran
(B)
Peluang
(C = A-B)
Rencana
Penjualan
Pangsa Pasar
(E = DX100% / C)
2013
3.471.204 gram
2.471.204 gram
1.000.000 gram
900.000
900.000/1.000.000*100% =0,9
2014
3.771.304 gram
2.771.304 gram
1.000.000 gram
900.000
900.000/1.000.000*100% =0,9
2015
4.871.304 gram
3.871.304 gram
1.000.000 gram
900.000
900.000/1.000.000*100% =0,9

2.3  Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
2.3.1. Product
Produk yang ditawarkan adalah kerupuk ikan tongkol. Penyediaan bahan baku dan pembantu yaitu pada pasar ikan.
2.3.2. Price
Penetapan harga produk kerupuk akan berdasarkan jenis bahan baku dan berat kemasan serta adanya penambahan bahan pembantu. Berikut penetapan harga kerupuk ikan tongkol :
No
Jenis Kerupuk
Kemasan
Harga
1.
Kerupuk ikan tongkol
100gr

Rp. 25.000
2.3.3. Promotion
Strategi bauran promosi yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.      Advertising yang akan dilakukan melalui media sosial seperti twitter, blackberry messenger dan facebook karena selain budget yang rendah, penggunaan internet dan media-media sosialnya sangat meluas di masyarakat remaja dan dewasa sehingga memudahkan dalam mempromosikan.
2.     Sales Promotion usaha Diharapkan dengan adanya pemberian sampel gratis ini, Untuk konsumen yang telah membeli produk sebesar Rp.100.000, maka konsumen akan diberikan free 1 buah kerupuk ikan tongkol 250gr.
3.    Personal selling dengan menawarkan dan menjual produk-produk dengan melakukan kerjasama kepada toko kelontong di pasar dengan menitipkan berberapa produk kerupuk ikan tongkol.
4.   Public relation adalah dengan berusaha menunjukkan image baik konsumen terhadap kerupuk ikan tongkol, Untuk itu, perusahaan akan melakukan sebuah program berkala setiap 1 tahun sekali yaitu melakukan bakti sosial ke berbagai panti asuhan dengan memberikan santunan berupa pakaian, makanan, alat-alat tulis dengan dana yang didapat dengan menyisihkan 10% keuntungan setiap 1 tahunnya.
2.3.4. Placement
Perusahaan mendistribusikan produk di Kota Lhokseumawe melalui 2 cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.
1.   Secara Langsung, perusahaan akan menawarkan produk nya melalui mobil. Untuk lokasi berjualan, perusahaan akan mencari lokasi-lokasi strategis dengan tempat-tempat yang ramai. Lokasi pemasaran melalui mobil.
2. Secara Tidak Langsung, perusahaan mendistribusikan secara tidak langsung dengan menitipkan produk kerupuk ikan tongkol ke pasar tradisional, kerupuk ikan tongkol akan mendistribusikan  tersebut selama 1 minggu.
2.3.5     People
meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
2.3.6     Process
Produk yang bagus, dan kemasan yang unit merupakan salah satu untuk menarik para konsumen untuk membelik produk kami.
2.3.7    Physical Evidence
Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik.

BAB III
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

3.1  Aspek Organisasi
·            Nama Perusahaan / Usaha   --->Usaha Kerupuk Ikan Tongkol Renyah
·            Nama Pemilik / Pimpinan   --->


Jabatan

Uraian Tugas
(A)
Jumlah
(B)
Gaji / Bulan
(C)
Total
(BxC)
Pimpinan
mengatur
1
6,000.000
6,000.000
1. Direksi
pengelola
3
4,000.000
12,000.000
Staf




1. Bag. Pemasaran
Memasarkan
4
3,000.000
12,000.000
2. Bag. Produksi
Memproduksi
6
3,000.000
18,000.000
3. Bag. Keuangan
Mengatur Keuangan
2
3,000.000
6,000.000
Total Gaji / Bulan
54,000.000

3.2    Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
         Kegiatan sebelum usaha dimulai disertai dengan jadwal pelaksanaan yang diatur berdasarkan periode tertentu ( mingguan atau bulanan ).
KEGIATAN
JADWAL PELAKSANAAN
( Dalam Mingguan )
1
2
3
4
1. Survey Pasar
1
1
1
2
2. Menyusun Rencana Usaha
3
3
3
3
3. Survai tempat usaha
1
1
1
1
4. Survai Mesin / Peralatan
3
3
3
3
5. Pemasangan Sarana Penunjang
1
1
1
1
6. Operasional
3
3
3
3
     









3.3 Inventaris Kantor dan Supply Kantor
         Inventaris kantor untuk barang yang umur produknya lebih dari 1 tahun.
Inventaris / Perangkat Kerja
Merk
Jumlah unit
Harga
Jumlah harga
vacum fryer
Maksindo
1
24,000.000
24,000.000
Spiner
kap
  1
1,500.000
3,000.000
Total Inventaris Kantor
27,000.000

Supply Kantor merupakan biaya untuk menunjang kegiatan administrasi seperti ATK Alat Tulis Kantor ( umur ekonomis 1 tahun atau kurang )

Jenis Biaya Supply Kantor
Total Biaya per Tahun
Buku,Polpen
3,000.000
Total Supply Kantor
3,000.000



BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1. Produk
Perencanaan yang perlu dilakukan menyangkut produk (output), terutama pada usaha manufaktur dan industri pengolahan adalah:
A.      Dimensi Produk
Strategi mengenai bagaimana produk usaha dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk yang memiliki kualitas terbaik dengan kadar gizi yang tinggi dan menyehatkan dan sekaligus berkhasiat obat.
B.       Nilai/Manfaat Produk
Produk yang ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen yang merupakan manfaat inti dari produk kerupuk ikan tongkol. ikan yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat.
C.       Kegunaan/Fungsi Produk
kandungan gizi kerupuk ikan tongkol yang diproses dengan alat penggoreng sistem hampa tidak jauh berbeda dengan keadaan ikan yang segar-segar, karena diproses dengan menggunakan suhu rendah.
4.2.      Proses Produksi

  • Bahan  Kerupuk  Tongkol

         -  Ikan  tongkol  5 kg.
         -  Tepung  kanji  50 kg.
         -  Garam   secukupnya.
  • Proses  Pembuatan  Kerupuk  Tongkol
         -  Ikan  ditumbuk, lalu  dicampur  dengan  tepung   dan  garam.
         -  Bahan  yang  sudah  dicampur, kemudian  dibungkus  dan  dikukus.
         -  Setelah  itu, dipotong  tipis serta  dijemur  selama  5 jam.
         -  Digoreng.
4.3.   Kapasitas Produksi
            Perencanaan kapasitas produksi dilakukan untuk semua mesin, peralatan, dan faktor produksi lainnya sesuai dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan.

Tahun
Rencana produksi (dalam gram)
2013
2.371.104 gram/bulan
2014
3.371.104 gram/bulan
2015
4.371.104 gram/bulan

4.4.     Tanah dan Bangunan
Lokasi pabrik yaitu berada di Kota Lhokseumae Kecamatan Banda Sakti Kab.Aceh Utara. Dalam kegiatan pemasaran produk-produk menggunakan mobil dan menitipkannya ke berbagai pedagang di pasar. Dengan begitu modal yang diperlukan pun tidak terlalu banyak.
5.5.     Pemasangan Sarana Penunjang
Jenis Biaya
Jumlah Biaya
1.      Pemasangan instalasi listrik
200 / bulan
2.      Pemasangan instalasi air (PAM)
50 / bulan
3.      Pemasangan instalasi telepon
75 / bulan
4.      Pemasangan instalasi internet
150 / bulan
Total Biaya Pemasangan Sarana Penunjang :
475  / bulan

4.6.      Mesin dan Peralatan
Nama Mesin/Peralatan
Merk
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
1.      vacum fryer
Maksindo
1
24,000.000
24,000.000
2.      spinner
Kap
1
1,500.000
1,500.000
3.      Pisau
kiwi
2
16.000
32.000
Total Pembelian Mesin/Peralatan
25,532.000

4.7.     Bahan Baku dan Bahan Pembantu
Dalam menjalankan usaha ini, perusahaan memerlukan bahan baku dan bahan pembantu dalam memproduksi produk-produk yang bagus. Perusahan kerupuk ikan tongkol membeli bahan baku buah-buahan di Pasar ikan. untuk itu jika tidak ada pemasokan ikan dipasar tersebut perusahaan tidak akan memproduksi kerupuk ikan tongkol, dan akan memproduksi kembali jika ada pasokan ikan tongkol tersebut.

4.8     Biaya Umum Usaha/Pabrik
Sebagai komponen biaya modal kerja yang terakhir, perlu juga diren-canakan biaya-biaya penunjang (sarana dan prasarana), misalnya seba-gai berikut:
Nama Bahan Baku
Merk
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
1.      Tabung Gas
LPJ
4
100,000
400,000
2.      Kompor Gas
Rinai
4
300,000
1,200.000
3.      Timbangan
Lion Star
5
8,000
40,000
Total Pembelian  Bahan Baku
1,640.000

Jenis Biaya Umum Usaha/Pabrik
Jumlah Biaya/Tahun
1.          Pemeliharaan mesin dan peralatan
60,000.000
2.          Bahan bakar
60,000.000
3.          Rekening listrik, air, telepon.
40,000.000
4.          Pemeliharaan bangunan
40,000.000
Total Biaya Umum Usaha/Pabrik per tahun:
200,000.000




1 comments:

  1. saya juga seorang pengusaha yang mampu menghidupkan kembali bisnis kayu sekarat melalui bantuan dewa yang dikirim pemberi pinjaman yang dikenal sebagai benjamin lee konsultan pinjaman. saya penduduk di yekaterinburg екатеринбург. baik Anda mencoba untuk memulai bisnis, melunasi hutang Anda, memperluas yang sudah ada, butuh uang untuk membeli persediaan. apakah Anda mengalami masalah dalam mencoba mendapatkan fasilitas kredit yang baik, saya ingin Anda tahu bahwa mr benjamin akan membantu Anda. apakah ini tempat yang tepat bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda karena saya adalah kesaksian hidup dan saya tidak bisa menyimpan ini untuk diri saya sendiri ketika orang lain mencari cara untuk diangkat secara finansial.. saya ingin Anda semua menghubungi tuhan ini mengirim pemberi pinjaman menggunakan perincian sebagaimana dinyatakan untuk menjadi bagian dari peluang besar ini email: 247officedept@gmail.com atau whatsapp/text +1-989-394-3740.

    ReplyDelete