BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Sejarah Berdirinya Usaha
Inovasi berbagai
pengolahan pangan merupakan salah satu usaha produsen untuk menarik minat
konsumen yang ada di pasar. Bentuk inovasi pangan yang sedang berkembang di
masyarakat atau negara Indonesia sekarang ini salah satunya adalah pengolahan
hasil dari peternakan itik, berupa telur maupun daging. Hal ini dikarenakan
output dari hasil pertenakan seperti daging dan telur itik, tidak dapat bertahan
lama setelah dipanen. Telur itik memiliki struktur kulit yang keras dan tidak
mudah retak, hal ini menjadi gambaran untuk pengolahan telur itik lebih lanjut
menjadi telur asin agar bisa lebih awet pada saat dikonsumsi.Dari sekian banyak
telur yang dihasilkan oleh hewan unggas, sebagai salah satunya adalah telur
itik yang sering dikonsumsi masyarakat dari segala kalangan, dan belum
dioptimalkan potensinya untuk diolah lebih lanjut ke dalam bentuk olahan. Hal
ini dikarenakan telur dikonsumsi dalam bentuk masakan langsung, seperti
digoreng, dll.
pengolahan telur
itik menjadi “Telur Asin Aneka Rasa”, dengan berbagai varietas rasa yang bisa
dibuat, yaitu telur asin rasa Soto, telur asin rasa Gulai dan telur asin rasa
Asap. Hingga saat ini potensi pengolahan telur asin dengan berbagai rasa masih
kurang dikenal oleh masyarakat umum. Di sisi lain, sebagian besar masyarakat
baru mengenal kalau telur asin itu hanya memiliki satu rasa saja yaitu asin
atau sesuai dengan namanya. Kalangan masyarakat sekarang sudah banyak yang
berkecimpung menjadi peternak itik, tapi dengan masih minimnya ide untuk
mengolah hasil ternak itik tadi berupa telur, yang sebenarnya dapat diolah
lebih lanjut. Adanya pengolahan menjadi telur asin aneka rasa tadi, diharapkan
dapat menambah nilai jual telur itik serta menjadi daya tarik tersendiri,
karena telur asin sangat praktis untuk di konsumsi sebagai lauk makan sekaligus
mengandung protein dan bergizi tinggi.
1.2 Visi
& Misi Usaha
- Visi
Usaha Produksi
“Telur Asin Aneka Rasa” Sebagai Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa
- Misi
Pemanfaatan telur
itik sebagai bahan utama dalam usaha meminimalkan biaya dan memaksimalkan
keuntungan.
BAB II
ASPEK PEMASARAN
1.1 Gambaran Umum Pasar ( STP )
- Segmentasi
Bila didasarkan pada faktor
demografi, segmentasi pasar untuk produk telur asin cenderung pada segmen
kelompok ekonomi menengah karena disesuaikan dengan harga dan target pasar yang
ada. Selain itu diasumsikan kelompok masyarakat ekonomi menengah merupakan
kelompok masyarakat yang peduli akan kesehatan, sehingga produk ini cocok untuk
mereka
- Targetting
Berdasarkan segmentasi pasar yaitu
beberapa tempat pasar, toko, warung makan, swalayan, yang akan kita gunakan
untuk menyalurkan kepada konsumen.
- Positioning
Pandangan konsumen
maupun pelanggan ketika melihat Usaha Produksi “Telur
Asin Aneka Rasa” Sebagai Alternatif Wirausaha Bagi Masyarakat.
- Permintaan
·
Permintaan
dari pelanggan.
Tahun
|
Perkiraan Permintaan
( dalam butir )
|
2013
|
1000 butir/bulan
|
2014
|
1500 butir/bulan
|
2015
|
2000 butir/bulan
|
- Penawaran
·
Penawaran
dari produk pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan
Pesaing
|
Kapasitas Produksi / Tahun
( dalam butir)
|
Telur itik original
|
18000 butir/tahun
|
·
Proyeksi
penawaran dalam beberapa periode / tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan
seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi.
Tahun
|
Perkiraan Penawaran
( dalam butir )
|
2013
|
2000 butir/bulan
|
2014
|
2500 butir/bulan
|
2015
|
3000 butir/bulan
|
1.2 Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana
Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun
disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran.
Pangsa Pasar adalah bagian dari penjualan produk kita
dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri.
Tahun
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang
(C = A-B)
|
Rencana
Penjualan
|
Pangsa Pasar
(E = DX100% / C)
|
2013
|
1000 butir/bulan
|
2000 butir/bulan
|
1000 butir/bulan
|
900 butir/bulan
|
900/1000*100% =90
|
2014
|
1500 butir/bulan
|
2500 butir/bulan
|
1000 butir/bulan
|
900 butir/bulan
|
900/1000*100%
=90
|
2015
|
2000 butir/bulan
|
3000 butir/bulan
|
1000 butir/bulan
|
900 butir/bulan
|
900/1000*100%
=90
|
1.3 Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
2.3.1. Product
Produk yang ditawarkan memiliki beberapa
rasa,yaitu rasa jahe,cabe,jeruk. Penyediaan bahan baku dan pembantu akan
didapatkan dari pedagang-pedagang di pasar tradisional dikarenakan harganya
relatif lebih murah daripada di toko ataupun supermarket. Telur asin aneka rasa
akan menjadikan para pedagang pasar tradisional sebagai mitra telur asin dalam
memasok bahan baku dan bahan pembantu.
2.3.2. Price
Produksi telur
asin aneka rasa ini akan dilaksanakan pada tahap awal akan dilakukan dalam
bentuk pengerjaan usaha rumah tangga. Setelah itu pada tahap selanjutnya, dalam
pembuatan telur asin aneka rasa akan diikut sertakan ibu-ibu dan remaja putri.
Hal ini dilakukan mengingat warga cangkupan/ tujuan awal dari kewirausahaan ini
juga dapat untuk memberdayakan warga sekitar. Pemberdayaan masyarakat ini juga
merupakan salah satu usaha kita untuk membuka lapangan pekerjaan bagi
masyarakat luas.
2.3.3. Promotion
Strategi
bauran promosi yang dilakukan perusahaan telur asin aneka rasa adalah sebagai
berikut:
1.
Advertising yang Dilakukan pada
kegiatan/event yang diadakan di kota dalam bentuk stand penjualan.
2.
Sales Promotion dengan melakukan Pembuatan leaflet
dan brosur promosi.
3.
Personal selling dengan Sistem
door to door.
4.
Public relation Kerjasama dengan
warung, dan tempat makan sederhana,serta supermarket.
2.3.4. Placement
mendistribusikan produk-produknya kepada konsumen Kota Geudong
melalui 2 cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.
1.
Secara Langsung menawarkan ke
masyarakat dan pasar-pasar.
2.
Secara Tidak Langsung, menitipkan
ke warung-warung, setiap minggu datang untuk mengambil hasilnya.
2.3.5 People
sumber daya manusia secara
umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung
ataupun tidak langsung.
2.3.6 Process
Produk yang bagus, dan kemasan yang unit merupakan salah satu untuk menarik
para konsumen untuk membelik produk kami.
2.3.6 Physical Evidence
Penampilan fisik dari
fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat
langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih.
BAB III
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
3.1 Aspek Organisasi
- Nama Perusahaan / Usaha ---> Telur Asin Aneka Rasa
- Nama Pemilik / Pimpinan ---->........
- Alamat kantor dan tempat usaha ---->.....
- Jabatan, Jumlah staf, Uraian Tugas, dan Penggajian
Jabatan
|
Uraian Tugas
(A)
|
Jumlah
(B)
|
Gaji / Bulan
(C)
|
Total
(BxC)
|
Pimpinan
|
mengatur
|
1
|
6,000.000
|
6,000.000
|
1. Direksi
|
pengelola
|
2
|
4,000.000
|
12,000.000
|
Staf
|
|
|
|
|
1. Bag. Pemasaran
|
Memasarkan
|
4
|
3,000.000
|
12,000.000
|
2. Bag. Produksi
|
Memproduksi
|
6
|
3,000.000
|
18,000.000
|
3. Bag. Keuangan
|
Mengatur Keuangan
|
2
|
3,000.000
|
6,000.000
|
Total Gaji / Bulan
|
54,000.000
|
3.2 Kegiatan
Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Kegiatan
sebelum usaha dimulai disertai dengan jadwal pelaksanaan yang diatur
berdasarkan periode tertentu ( mingguan atau bulanan ).
KEGIATAN
|
JADWAL PELAKSANAAN
( Dalam Mingguan )
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Survey Pasar
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2. Menyusun Rencana Usaha
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Survai tempat usaha
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4. Survai Mesin / Peralatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5. Pemasangan Sarana Penunjang
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6. Operasional
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3.3.Inventaris
Kantor dan Supply Kantor
Inventaris kantor untuk barang yang umur
produknya lebih dari 1 tahun.
Inventaris / Perangkat Kerja
|
Merk
|
Jumlah unit
|
Harga
|
Jumlah harga
|
1. maksipack
|
-
|
1
|
2,000.000
|
2,000.000
|
Total Inventaris Kantor
|
2,000.000
|
Supply Kantor merupakan biaya
untuk menunjang kegiatan administrasi seperti ATK Alat Tulis Kantor ( umur
ekonomis 1 tahun atau kurang )
Jenis Biaya Supply Kantor
|
Total Biaya per Tahun
|
ATK
|
4,000.000
|
Total Supply Kantor
|
4,000.000
|
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1. Produk
Perencanaan yang perlu dilakukan menyangkut produk
(output), terutama pada usaha manufaktur dan industri pengolahan adalah:
A.
Dimensi Produk
Strategi mengenai bagaimana produk usaha dapat menarik
hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk telur
asin aneka rasa yang memiliki kualitas
terbaik dengan kadar gizi yang tinggi dan menyehatkan dan sekaligus berkhasiat
obat.
B.
Nilai/Manfaat Produk
Produk telur asin aneka rasa yang
ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen. Telur
asin yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang
bermanfaat. Produk telur asin
aneka rasa memperdulikan kesehatan pelanggan.
C.
Kegunaan/Fungsi Produk
produk yang dibeli dan digunakan oleh konsumen akhir
(pemakai akhir). Telur asin aneka rasa merupakan produk yang dapat dinikmati dengan
berbagai pilihan rasa dan harga. Selain itu kandungan gizi yang diproses dengan
sesederhana mungkin.
4.2.
Proses Produksi
- Langkah Awal Pembuatan Telur Asin Aneka Rasa
Untuk meracik telur asin aneka
rasa, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih telur yang
berkualitas. Selama ini, jenis telur yang banyak digunakan dalam usaha telur
asin adalah telur itik. Hal ini dikarenakan, telur itik memiliki kandungan
nutrisi yang lengkap dan cenderung mudah rusak. Untuk memilih telur itik yang
masih baik, langkahnya cukup mudah. Masukkan telur itik ke dalam wadah berisi
air. Perhatikan, apabila telur tenggelam maka hal tersebut berarti telur layak
untuk diolah.
Langkah
selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bahan. Adapun bahan-bahan yang
digunakan adalah abu gosok atau bubuk bata merah, bubuk garam atau garam kasar,
wadah untuk membuat adonan, wadah untuk menyimpan telur serta penambah rasa
pada telur tergantung varian apa yang hendak Anda buat.
- Proses Pembuatan Telur Asin
Setelah
bahan-bahan siap, selanjutnya yang Anda lakukan adalah membuat adonan garam.
Langkah pertama adalah campurkan bahan-bahan abu gosok atau bubuk bata merah
dalam wadah bersama bubuk garam serta campuran bahan penambah rasa, misalnya
rasa soto. Untuk membuatnya kental, tambahkan air secukupnya. Setelah dihasilan
kekentalan yang pas, balurkanlah adonan tersebut pada telur yang telah
dibersihkan sebelumnya. Setelah itu simpanlah dalam wadah penyimpanan yang
telah disediakan selama tujuh hari hingga sepuluh hari, tergantung kadar asin
yang Anda inginkan.
Selain membaluri
telur dengan adonan garam tadi, cara membuat telur asin aneka rasa juga
bisa dengan metode perendaman telur bersama adonan garam tadi. Caranya, susun
telur itik yang telah dibersihkan dalam wadah dengan hati-hati. Setelah itu
tuang semua adonan ke dalam wadah tersebut. Pastikan semua telur tertutupi adonan
dengan sempurna. Masa perendaman sama dengan masa pembaluran, tujuh hingga
sepuluh hari tergantung pada selera Anda.
4.3. Kapasitas Produksi
Perencanaan kapasitas
produksi dilakukan untuk semua mesin, peralatan, dan faktor produksi lainnya
sesuai dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan.
Tahun
|
Rencana produksi (dalam Butir/bulan)
|
2013
|
1000 butir/bulan
|
2014
|
1500 butir/bulan
|
2015
|
2000 butir/bulan
|
4.4.
Tanah dan Bangunan
Dalam menjalankan kegiatan usaha salah satu bagian
rumah sebagai lokasi pabrik kecil dalam memproduksi berbagai macam telur asin aneka rasa. Ini
menjadi keunggulan sendiri, karena tidak perlu menyewa ataupun membeli tempat
untuk melakukan kegiatan produksinya. Lokasi pabrik yaitu berada di Jalan Jln.Karing Kec.Murah Mulia Kab.Aceh Utara. Dengan begitu modal yang diperlukan pun tidak terlalu banyak.
5.5.
Pemasangan Sarana Penunjang
Jenis Biaya
|
Jumlah Biaya
|
1. Pemasangan instalasi listrik
|
200 / bulan
|
2. Pemasangan instalasi air (PAM)
|
50 / bulan
|
3. Pemasangan instalasi telepon
|
75 / bulan
|
4. Pemasangan instalasi internet
|
150 / bulan
|
Total Biaya Pemasangan Sarana Penunjang :
|
475 /
bulan
|
4.6. Mesin dan Peralatan
Nama Mesin/Peralatan
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
2. maksipack
|
-
|
1
|
2,000.000
|
2,000.000
|
3. batu halus
|
-
|
5
|
20.000
|
100.000
|
Total Pembelian Mesin/Peralatan
|
2,100.000
|
4.7. Bahan Baku dan Bahan Pembantu
Bahan baku utama yang berupa telur
itik, Untuk produksi jangka panjang, perlu dilakukan survei bahan baku, karena
semakin besar kapasitas produksi semakin terjangkau pula harga jual oleh
konsumen, sehingga produk telur asin aneka rasa dapat diproduksi secara massal
dan menjadi lebih murah.
4.8
Biaya Umum Usaha/Pabrik
Sebagai komponen biaya modal kerja yang terakhir, perlu
juga diren-canakan biaya-biaya penunjang (sarana dan prasarana), misalnya
seba-gai berikut:
Nama Bahan Baku
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
1. maksipack
|
-
|
1
|
2,000.000
|
2,000.000
|
2. batu halus
|
-
|
5
|
20.000
|
100.000
|
3.
aneka
rasa bumbu
|
-
|
5
|
15.000
|
75.000
|
Total Pembelian Bahan Baku
|
2,175.000
|
Jenis Biaya Umum Usaha/Pabrik
|
Jumlah Biaya/Tahun
|
1.
Pemeliharaan
peralatan
|
30,000.000
|
2.
Suku
cadang
|
20,000.000
|
3.
Rekening
listrik, air, telepon.
|
30,000.000
|
4.
Pemeliharaan
bangunan
|
120,000.000
|
Total Biaya Umum Usaha/Pabrik per tahun:
|
200,000.000
|
0 comments:
Post a Comment