Thursday, August 4, 2016

Proposal Usaha Telur Asin Aneka Rasa



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Sejarah  Berdirinya Usaha
Inovasi berbagai pengolahan pangan merupakan salah satu usaha produsen untuk menarik minat konsumen yang ada di pasar. Bentuk inovasi pangan yang sedang berkembang di masyarakat atau negara Indonesia sekarang ini salah satunya adalah pengolahan hasil dari peternakan itik, berupa telur maupun daging. Hal ini dikarenakan output dari hasil pertenakan seperti daging dan telur itik, tidak dapat bertahan lama setelah dipanen. Telur itik memiliki struktur kulit yang keras dan tidak mudah retak, hal ini menjadi gambaran untuk pengolahan telur itik lebih lanjut menjadi telur asin agar bisa lebih awet pada saat dikonsumsi.Dari sekian banyak telur yang dihasilkan oleh hewan unggas, sebagai salah satunya adalah telur itik yang sering dikonsumsi masyarakat dari segala kalangan, dan belum dioptimalkan potensinya untuk diolah lebih lanjut ke dalam bentuk olahan. Hal ini dikarenakan telur dikonsumsi dalam bentuk masakan langsung, seperti digoreng, dll.
pengolahan telur itik menjadi “Telur Asin Aneka Rasa”, dengan berbagai varietas rasa yang bisa dibuat, yaitu telur asin rasa Soto, telur asin rasa Gulai dan telur asin rasa Asap. Hingga saat ini potensi pengolahan telur asin dengan berbagai rasa masih kurang dikenal oleh masyarakat umum. Di sisi lain, sebagian besar masyarakat baru mengenal kalau telur asin itu hanya memiliki satu rasa saja yaitu asin atau sesuai dengan namanya. Kalangan masyarakat sekarang sudah banyak yang berkecimpung menjadi peternak itik, tapi dengan masih minimnya ide untuk mengolah hasil ternak itik tadi berupa telur, yang sebenarnya dapat diolah lebih lanjut. Adanya pengolahan menjadi telur asin aneka rasa tadi, diharapkan dapat menambah nilai jual telur itik serta menjadi daya tarik tersendiri, karena telur asin sangat praktis untuk di konsumsi sebagai lauk makan sekaligus mengandung protein dan bergizi tinggi.
1.2    Visi & Misi Usaha
  •  Visi
Usaha Produksi “Telur Asin Aneka Rasa” Sebagai Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa
  •  Misi
Pemanfaatan telur itik sebagai bahan utama dalam usaha meminimalkan biaya dan memaksimalkan keuntungan.

BAB II
ASPEK PEMASARAN

1.1    Gambaran Umum Pasar ( STP )
  1. Segmentasi
Bila didasarkan pada faktor demografi, segmentasi pasar untuk produk telur asin cenderung pada segmen kelompok ekonomi menengah karena disesuaikan dengan harga dan target pasar yang ada. Selain itu diasumsikan kelompok masyarakat ekonomi menengah merupakan kelompok masyarakat yang peduli akan kesehatan, sehingga produk ini cocok untuk mereka
  1. Targetting
Berdasarkan segmentasi pasar yaitu beberapa tempat pasar, toko, warung makan, swalayan, yang akan kita gunakan untuk menyalurkan kepada konsumen.
  1. Positioning
Pandangan konsumen maupun pelanggan ketika melihat Usaha Produksi “Telur Asin Aneka Rasa” Sebagai Alternatif Wirausaha Bagi Masyarakat.
  • Permintaan
·         Permintaan dari pelanggan.
Tahun
Perkiraan Permintaan
( dalam butir )
2013
1000 butir/bulan
2014
1500 butir/bulan
2015
2000 butir/bulan

  •    Penawaran
·         Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan
Pesaing
Kapasitas Produksi / Tahun
( dalam butir)
Telur itik original
18000 butir/tahun


·         Proyeksi penawaran dalam beberapa periode / tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi.
Tahun
Perkiraan Penawaran
( dalam butir )
2013
2000 butir/bulan
2014
2500 butir/bulan
2015
3000 butir/bulan

1.2    Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran.
Pangsa Pasar adalah  bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri.

Tahun
Permintaan
(A)
Penawaran
(B)
Peluang
(C = A-B)
Rencana
Penjualan
Pangsa Pasar
(E = DX100% / C)
2013
1000 butir/bulan
2000 butir/bulan
1000 butir/bulan
900 butir/bulan
900/1000*100% =90
2014
1500 butir/bulan
2500 butir/bulan
1000 butir/bulan
900 butir/bulan
900/1000*100% =90
2015
2000 butir/bulan
3000 butir/bulan
1000 butir/bulan
900 butir/bulan
900/1000*100% =90

1.3    Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
2.3.1. Product
Produk yang ditawarkan memiliki beberapa rasa,yaitu rasa jahe,cabe,jeruk. Penyediaan bahan baku dan pembantu akan didapatkan dari pedagang-pedagang di pasar tradisional dikarenakan harganya relatif lebih murah daripada di toko ataupun supermarket. Telur asin aneka rasa akan menjadikan para pedagang pasar tradisional sebagai mitra telur asin dalam memasok bahan baku dan bahan pembantu.

2.3.2. Price
Produksi telur asin aneka rasa ini akan dilaksanakan pada tahap awal akan dilakukan dalam bentuk pengerjaan usaha rumah tangga. Setelah itu pada tahap selanjutnya, dalam pembuatan telur asin aneka rasa akan diikut sertakan ibu-ibu dan remaja putri. Hal ini dilakukan mengingat warga cangkupan/ tujuan awal dari kewirausahaan ini juga dapat untuk memberdayakan warga sekitar. Pemberdayaan masyarakat ini juga merupakan salah satu usaha kita untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.

2.3.3. Promotion
Strategi bauran promosi yang dilakukan perusahaan telur asin aneka rasa adalah sebagai berikut:
1.      Advertising yang Dilakukan pada kegiatan/event yang diadakan di kota dalam bentuk stand penjualan.
2.      Sales Promotion  dengan melakukan Pembuatan leaflet dan brosur promosi.
3.      Personal selling dengan Sistem door to door.
4.      Public relation Kerjasama dengan warung, dan tempat makan sederhana,serta supermarket.

2.3.4. Placement
mendistribusikan produk-produknya kepada konsumen Kota Geudong melalui 2 cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.
1.      Secara Langsung menawarkan ke masyarakat dan pasar-pasar.
2.      Secara Tidak Langsung, menitipkan ke warung-warung, setiap minggu datang untuk mengambil hasilnya.
2.3.5     People
sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
2.3.6     Process
Produk yang bagus, dan kemasan yang unit merupakan salah satu untuk menarik para konsumen untuk membelik produk kami.
2.3.6    Physical Evidence
Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih.

BAB III
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

3.1  Aspek Organisasi
  •  Nama Perusahaan / Usaha    ---> Telur Asin Aneka Rasa
  •  Nama Pemilik / Pimpinan    ---->........
  •  Alamat kantor dan tempat usaha ---->.....
  •  Jabatan, Jumlah staf, Uraian Tugas, dan Penggajian

Jabatan

Uraian Tugas
(A)
Jumlah
(B)
Gaji / Bulan
(C)
Total
(BxC)
Pimpinan
mengatur
1
6,000.000
6,000.000
1. Direksi
pengelola
2
4,000.000
12,000.000
Staf




1. Bag. Pemasaran
Memasarkan
4
3,000.000
12,000.000
2. Bag. Produksi
Memproduksi
6
3,000.000
18,000.000
3. Bag. Keuangan
Mengatur Keuangan
2
3,000.000
6,000.000
Total Gaji / Bulan
54,000.000

3.2    Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
         Kegiatan sebelum usaha dimulai disertai dengan jadwal pelaksanaan yang diatur berdasarkan periode tertentu ( mingguan atau bulanan ).
KEGIATAN
JADWAL PELAKSANAAN
( Dalam Mingguan )
1
2
3
4
1. Survey Pasar
1
1
1
2
2. Menyusun Rencana Usaha
2
2
2
2
3. Survai tempat usaha
2
2
2
2
4. Survai Mesin / Peralatan
3
3
3
3
5. Pemasangan Sarana Penunjang
1
1
1
1
6. Operasional
3
3
3
3


    3.3.Inventaris Kantor dan Supply Kantor
         Inventaris kantor untuk barang yang umur produknya lebih dari 1 tahun.
 Inventaris / Perangkat Kerja
Merk
Jumlah unit
Harga
Jumlah harga
1.      maksipack
-
1
2,000.000
2,000.000
Total Inventaris Kantor
2,000.000

Supply Kantor merupakan biaya untuk menunjang kegiatan administrasi seperti ATK Alat Tulis Kantor ( umur ekonomis 1 tahun atau kurang )

Jenis Biaya Supply Kantor
Total Biaya per Tahun
ATK
4,000.000
Total Supply Kantor
4,000.000



BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1. Produk
Perencanaan yang perlu dilakukan menyangkut produk (output), terutama pada usaha manufaktur dan industri pengolahan adalah:
A.      Dimensi Produk
Strategi mengenai bagaimana produk usaha dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk telur asin aneka rasa  yang memiliki kualitas terbaik dengan kadar gizi yang tinggi dan menyehatkan dan sekaligus berkhasiat obat.
B.       Nilai/Manfaat Produk
Produk telur asin aneka rasa yang ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen. Telur asin yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Produk  telur asin aneka rasa memperdulikan kesehatan pelanggan.
C.       Kegunaan/Fungsi Produk
produk yang dibeli dan digunakan oleh konsumen akhir (pemakai akhir). Telur asin aneka rasa  merupakan produk yang dapat dinikmati dengan berbagai pilihan rasa dan harga. Selain itu kandungan gizi yang diproses dengan sesederhana mungkin.
4.2.      Proses Produksi
  •  Langkah Awal Pembuatan Telur Asin Aneka Rasa
      Untuk meracik telur asin aneka rasa, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih telur yang berkualitas. Selama ini, jenis telur yang banyak digunakan dalam usaha telur asin adalah telur itik. Hal ini dikarenakan, telur itik memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan cenderung mudah rusak. Untuk memilih telur itik yang masih baik, langkahnya cukup mudah. Masukkan telur itik ke dalam wadah berisi air. Perhatikan, apabila telur tenggelam maka hal tersebut berarti telur layak untuk diolah.
      Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bahan. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah abu gosok atau bubuk bata merah, bubuk garam atau garam kasar, wadah untuk membuat adonan, wadah untuk menyimpan telur serta penambah rasa pada telur tergantung varian apa yang hendak Anda buat.
  •  Proses Pembuatan Telur Asin
      Setelah bahan-bahan siap, selanjutnya yang Anda lakukan adalah membuat adonan garam. Langkah pertama adalah campurkan bahan-bahan abu gosok atau bubuk bata merah dalam wadah bersama bubuk garam serta campuran bahan penambah rasa, misalnya rasa soto. Untuk membuatnya kental, tambahkan air secukupnya. Setelah dihasilan kekentalan yang pas, balurkanlah adonan tersebut pada telur yang telah dibersihkan sebelumnya. Setelah itu simpanlah dalam wadah penyimpanan yang telah disediakan selama tujuh hari hingga sepuluh hari, tergantung kadar asin yang Anda inginkan.
      Selain membaluri telur dengan adonan garam tadi, cara membuat telur asin aneka rasa juga bisa dengan metode perendaman telur bersama adonan garam tadi. Caranya, susun telur itik yang telah dibersihkan dalam wadah dengan hati-hati. Setelah itu tuang semua adonan ke dalam wadah tersebut. Pastikan semua telur tertutupi adonan dengan sempurna. Masa perendaman sama dengan masa pembaluran, tujuh hingga sepuluh hari tergantung pada selera Anda.

4.3.   Kapasitas Produksi
            Perencanaan kapasitas produksi dilakukan untuk semua mesin, peralatan, dan faktor produksi lainnya sesuai dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan.

Tahun
Rencana produksi (dalam Butir/bulan)
2013
1000 butir/bulan
2014
1500 butir/bulan
2015
2000 butir/bulan

4.4.     Tanah dan Bangunan
Dalam menjalankan kegiatan usaha salah satu bagian rumah sebagai lokasi pabrik kecil dalam memproduksi berbagai macam telur asin aneka rasa. Ini menjadi keunggulan sendiri, karena tidak perlu menyewa ataupun membeli tempat untuk melakukan kegiatan produksinya. Lokasi pabrik  yaitu berada di Jalan Jln.Karing Kec.Murah Mulia Kab.Aceh Utara. Dengan begitu modal yang diperlukan pun tidak terlalu banyak.

5.5.     Pemasangan Sarana Penunjang
Jenis Biaya
Jumlah Biaya
1.      Pemasangan instalasi listrik
200 / bulan
2.      Pemasangan instalasi air (PAM)
50 / bulan
3.      Pemasangan instalasi telepon
75 / bulan
4.      Pemasangan instalasi internet
150 / bulan
Total Biaya Pemasangan Sarana Penunjang :
475  / bulan

4.6.      Mesin dan Peralatan
Nama Mesin/Peralatan
Merk
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
2.      maksipack
-
1
2,000.000
2,000.000
3.      batu halus
-
5
20.000
100.000
Total Pembelian Mesin/Peralatan
2,100.000

4.7.     Bahan Baku dan Bahan Pembantu
            Bahan baku utama yang berupa telur itik, Untuk produksi jangka panjang, perlu dilakukan survei bahan baku, karena semakin besar kapasitas produksi semakin terjangkau pula harga jual oleh konsumen, sehingga produk telur asin aneka rasa dapat diproduksi secara massal dan menjadi lebih murah.

4.8     Biaya Umum Usaha/Pabrik
Sebagai komponen biaya modal kerja yang terakhir, perlu juga diren-canakan biaya-biaya penunjang (sarana dan prasarana), misalnya seba-gai berikut:
Nama Bahan Baku
Merk
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
1.      maksipack
-
1
2,000.000
2,000.000
2.      batu halus
-
5
20.000
100.000
3.      aneka rasa bumbu
-
5
15.000
75.000
Total Pembelian  Bahan Baku
2,175.000

Jenis Biaya Umum Usaha/Pabrik
Jumlah Biaya/Tahun
1.          Pemeliharaan peralatan
30,000.000
2.          Suku cadang
20,000.000
3.          Rekening listrik, air, telepon.
30,000.000
4.          Pemeliharaan bangunan
120,000.000
Total Biaya Umum Usaha/Pabrik per tahun:
200,000.000




0 comments:

Post a Comment